DIGITAL CINEMA


DIGITAL CINEMA


    A. Produksi Film Digital
            Produksi film adalah proses pembuatan film mulai dari ide, cerita atau komisi awal, melalui penulisan naskah, perekaman, penyuntingan, pengarahan dan pemutaran produk akhir di hadapan penonton yang akan menghasilkan sebuah program. Pembuatan film terjadi di seluruh dunia dalam berbagai kontek, ekonomi, social, politik dan menggunakan berbagai teknologi dan teknik sinema. Pembuatan film melibatkan sejumlah besar orang dan memakan waktu mulai dari beberapa bulan hingga tahun untuk menyelesaikan sebuah film.

         Dalam 20 atau lebih tahun terakhir, teknologi digital, teknik dan estetika visual memiliki pengaruh yang besar pada semua tahap pembuatan film dan proses distribusi.Digital cinema adalah di atas semua konsep, sebuah sistem yang lengkap, meliputi seluruh rantai produksi film dari akuisisi dengan kamera digital untuk pasca-produksi untuk distribusi ke pameran, semua dengan bit dan byte bukan 35mm gulungan.

              Sampai saat ini, proses pembuatan film yang sebenarnya dari sebuah produksi film telah dilakukan menggunakantradisional 35mm atau 70mm film kamera menggunakan tabung-tabung seluloid. Gambar kualitas yang dihasilkan oleh kamera digital dirasakan secara signifikan lebih rendah dari film, sementara rekaman film semakin diberikan ke dalam komputer untuk pascaproduksimanipulasi, proses produksi itu sendiri tetap berbasis seluloid.
Digital film dimulai, dalam teori, pada akhir tahun 1980an, ketika Sony datang dengan pemasaran konsep ‘sinematografi elektronik’. Inisiatif ini gagal lepas landasdengan profesional dan publik sama, dan hanya pada akhir tahun 1990-an, dengan pengenalan perekam HDCAM dan penggantian nama dari proses digital ke sinematografi, yang membuat film menggunakan kamera digital dan peralatan terkait akhirnya mulai.

   B. Keunggulan dan Keindahan Film Digital
  • Lebih Komprehensif


Perbedaan paling utama dan mendasar adalah kemampuan media digital dalam melaporkan peristiwa dengan lebih komprehensif pada pembaca/audiens. Sebuah berita di era digital tak hanya terdiri dari teks dan foto, tapi juga tautan ke semua peristiwa sebelumnya yang mengawali momen termutakhir dari berita bersangkutan.

  • Lebih Otentik


Berita digital juga berpotensi lebih otentik, karena bisa menampilkan realitas secara lebih utuh. Bisa ada video di halaman yang sama dengan teks dan foto, sesuatu yang jelas menambah kredibilitas dan akurasi dari informasi yang dimuat di sana.

  • Big Data


Media digital yang belum banyak digali adalah kemampuannya menampilkan big data atau data besar. Semua angka-angka hasil survei kesehatan, survei demografi, sensus, angka-angka hasil pemantauan bertahun-tahun, kini sudah banyak tersedia sebagai data digital terbuka (open data) dan dengan mudah dapat diakses di internet.

   C. Distribusi dan Pertunjukan Film Digital

                                                                            Selama 2012 tercatat 46 film Indonesia beredar di bioskop dengan 7.952.203 penonton. Tahun 2008 infrastruktur distribusi relatif sama dengan saat ini.
Penyebab turunnya jumlah penonton pada 1990 dibanding 2012 sudah jelas, karena 
sebagian besar bioskop “tradisional” dengan satu layar yang tersebar di berbagai 
nusantara gulung tikar.
Hampir semua sinepleks milik jaringan 21/XXI, yang ditopang jaringan importir milik sendiri, serta berada di malmal seputar Jabodetabek dan kotakota besar. 
Jadi sebagian besar penduduk Indonesia telah kehilangan akses menonton film di 
bioskop.
Saat ini ada 152 sinepleks dengan 672 layar, yang berarti bertambah banyak dibanding 
setahun lalu (139 sinepleks dengan 619 layar). Meskipun begitu, masa tayang film Indonesia justru menjadi semakin singkat, dari rata-rata delapan minggu tahun lalu menjadi 
rata-rata enam minggu. Hal itu disebabkan film impor yang beredar semakin banyak, 
bukan hanya jumlah judulnya tetapi juga banyaknya layar menayangkan. 
Film-film besar Hollywood kini diimpor PT Omega Film yang masih berkaitan dengan 
importir lama milik jaringan 21/XXI yang dilarang beroperasi oleh menteri Keuangan 
tahun lalu (PT Camila Internusa dan PT Satrya Perkasa Esthetika) bisa diputar serentak di lebih dari 150 atau bahkan hampir 200 layar. Yang kemudian dikorbankan alias terpaksa dikurangi jumlah layarnya karena outlet yang tersedia sangat terbatas umumnya film Indonesia.

Referensi :




            

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah dan Perkembangan Desain Pemodelan Grafik

Pendapat tentang alat komunikasi di masa yang akan datang

Dokumen Legalitas Perusahaan